Tahukah Anda Apa Perbedaan Training Leadership dengan Coaching Leadership?

coaching

Ada perbedaan antara Training Leadership dengan Coaching Leadership. Artikel ini membahas perbedaan kedua istilah tersebut. Training merupakan pelatihan, berbagai pelatihan memiliki tujuan masing-masing serta banyak sekali contoh pelatihan dalam kehidupan sehari-hari misalnya seorang ibu yang rajin melatih anaknya yang baru masuk tk untuk berlatih membaca tujuannya adalah agar anak tersebut dapat membaca tulisan sekalipun harus dimulai dengan ejaan yang sangat sederhana. Istilah training leadership dan coaching leadership mungkin sangat asing bagi beberapa orang, kedua istilah itu sama-sama intinya yaitu tentang pelatihan. Lalu pelatihan yang bagaimana? Dan apa perbedaan training leadership dan coaching leadership? Mari kita bahas sama-sama berikut ini.

Pengertian Training Leadership

Taraining leadership atau pelatihan kepemimpinan merupakan program yang di tunjukkan kepada sekelompok orang untuk mengembangkan kemampuannya dalam memimpin, memimpin di sini dalam arti memimpin sebuah kelompok tertentu atau hanya sekedar kemampuan memimpin saja. Sebenarnya setiap manusia harus di ajarkan tentang kepemimpinan sedini mungkin, agar dia dapat tumbuh mandiri dengan memiliki jiwa pemimpin, pemimpin yang baik ialah yang dapat memimpin regu anggotanya menuju kea rah tujuan yang di inginkan.

Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan dapat di peroleh dari sekolahan, atau lingkungan sekitar. Contohnya di sekolahan biasanya akan ada satu siswa perkelas yang di tunjuk sebagai ketua kelas yang bertanggung jawab untuk mengkordinir teman-temannya dalam satu kelas itu, dalam sekolah juga ada organisasi sekolah yang bernama OSIS, setiap organisasi yang ada di sekolah harus mempunyai pemimpin untuk memudahkan alur komunikasi.

Training leadership atau pelatihan kepemimpinan sudah sangat banyak di terapkan di berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Banyak sekali lembaga-lembaga training leadership yang ada di Indonesia yang memiliki komitmen untuk membantu para calon-calon pemimpin dengan berbagai program dan materi yang tentunya sesuai dengan lembaga itu sendiri. Training leadership yang saat ini tengah berkembang pesat di Indonesia adalah training leadership yang ditunjukkan bagi calon-calon pemimpin atau bagi executive yang ada di perusahaan-perusahaan untuk dapat mencapai status perusahaan tersebut dalam dunia professional.

Pengertian Coaching Leadership

Setelah membahas pengertian training leadership mari kita bahas pengertian coaching leadership untuk mengetahui perbedaan antara training leadership dan coaching leadership. Coaching adalah sebuah proses memfasilitasi seseorang atau sekelompok orang melalui bertanya dan memberikan feedback. Coaching merupakan sebuah proses pembangunan diri yang sangat unik dengan melalui sebuah proses bagaimana kita mengoptimalkan fungsi otak kita melalui sebuah proses yang terstruktur untuk mendapatkan kinerja yang lebih efektif, sangat menguntungkan bukan?

Coaching leadership merupakan suatu hubungan yang kolaboratif antara pemimpin dan pelatih, pemimpin di sini ialah orang yang bertanggung jawab atas sekelompok orang, pemimpin bisa jadi seorang eksekutif, manajer, supervisor. Coaching telah menjadi pilihan yang tepat untuk bisnis atau organisasi yang ingin beroperasi secara sukses. Training leader ship dan coaching leadership tentulah berbeda, untuk itu anda perlu memahami perbedaan training leadership dengan coaching leadership.

Perbedaan Training Leadership dengan Coaching Leadership

Training leadership tentu saja berbeda dengan coaching leadership, perbedaan tersebut dapat dilihat dari berbagai aspek di antaranya :

  1. Training Leadership bersifat pelatihan kepemimpinan sedangkan Coaching Leadership bersifat pembentukan kepemimpinan
  2. Training Leadership dapat digunakan pada organisasi sekolah seperti OSIS sedangkan Coaching Leadership digunakan pada perusahaan yang ingin memasuki dunia professional
  3. Training Leadership dilakukan oleh lembaga training leadership, sedangkan coaching leadership dilakukan oleh seorang coach
  4. Training Leadership dilakukan dengan memberi arahan sedangkan coaching leadership merupakan sebuah proses memfasilitasi seseorang untuk bertanya dan memberikan feedback
  5. Training Leadership dilakukan dengan membahas masalah masa lalu dengan tujuan agar seorang pemimpin dapat melakukan perubahan di masa yang akan datang, namun Coaching Leadership tidak membahas masa lalu.
  6. Lembaga Training Leadership berperan dengan memberi contoh dari dirinya serta memberikan solusi bagi masalah yang ada, namun Coaching Leadership hanya berperan laksana cermin bagi client-nya dan tidak memberikan solusi

Setelah anda mengetahui perbedaan training leadership dan coaching leadership maka di harapkan anda dapat menggunakan metode tersebut sesuai kebutuhan anda. Salam sukses.