4 Kemampuan Pemimpin yang Efektif Mendorong Organisasi

69 copy

Vanaya.co.id. Suksesnya sebuah organisasi untuk mencapai suatu tujuan organisasi sangat diperlukan sosok pemimpin. Gaya kepemimpinan (leadership style) merupakan pola tingkah laku seorang pemimpin dalam proses mempengaruhi anggota organisasi dalam berkerjasama dalam sebuah organisasi.

Menurut Inc Asean, ada empat kemampuan yang harus dimiliki seorang pemimpin. Empat sikap atau kemampuan ini dijamin akan terus dibutuhkan bagi pemimpian di masa sekarang hingga 100 tahun mendatang. Apa sajakah itu?

1. Kemampuan komunikasi

Memiliki kemampuan komunikasi yang efektif tanpa perlu dipertanyakan lagi adalah hal yang betul-betul harus kita asah, dan untungnya kemampuan ini bisa kita pelajari. Pemimpin yang mampu mengkomunikasikan pikiran, perasaan, ide, perhatian dan keinginannya akan lebih mampu menghindari konflik, bernegosiasi, dan berkolaborasi di level yang tinggi.

2. Kemampuan Coaching

Jika Anda ingin organisasi kita berkembang, kita harus tahu caranya membina dan mengarahkan dengan baik. Sayangnya, menurut suatu penelitian, masih belum banyak organisasi yang memakai Coaching dalam manajeman kinerja mereka. Organisasi yang berprestasi, ternyata memiliki kemampuan Coaching yang baik bagi karyawannya.

3. Peka terhadap kebutuhan sekitar

Pemimpin terbaik adalah pemimpin yang bekerja tanpa mengorbankan orang di sekitarnya. Mereka mampu menyeimbangkan hasil dan produktivitasnya dengan memahami kebutuhan timnya. Ini adalah cara terbaik dalam gaya manajemen transaksional. Pemimpin seperti ini fokus pada ide dan pendapat personal setiap karyawan. Mereka mendorong pengembangan dan campur-tangan karyawan dalam pengambilan keputusan.

4. Positive mindset

Tidak ada karyawan yang senang dengan pemimpin yang pesimitis. Pemimpin yang bahagia dan berjiwa optismisme bisa membawa pengaruh baik. Peneliti otak Dr. Wataru Sato dari Kyoto University mengatakan, jika Anda memiliki perilaku positif (seperti bermeditasi), Anda akan membuat precuneus (bagian dari otak Anda) berfungsi dengan baik dan memberikan pengaruh positif bagi organisasi.

Baca juga 

Lakukan hal sederhana. Tentu dengan hanya mengganti kebiasaan harian Anda dengan hal yang sederhana, seperti menyediakan waktu selama dua menit untuk menunjukkan rasa syukur, Anda bisa mengontrol sense of well-being. Memahami tujuan, dan merasa bahagia. Perasaan positif ini bisa menulari tim Anda dan performa tim.

Vanaya LogoWe are a coaching firm, the only one that integrate coaching with business, entrepreneurship, wealth, and leadership.  Vanaya Coaching Institute develop research-based coaching innovation that empower corporation, business owners, organization leaders, and personal investors with Ericksonian Coaching approach.www.vanaya.co.id