Bagaimana Kebahagiaan Mempengaruhi Kinerja?

48 copy

Vanaya.co.id. Karyawan yang bahagia ternyata bisa termotivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Mengacu penelitian CareerBliss bahwa ada hubungan antara tingkat kebahagiaan karyawan dan kinerja perusahaan. Semakin bahagia maka kian besar peluang perusahaan menghasilkan kinerja yang melampaui harapan perusahaan.

10 perusahaan  di dunia yang memiliki skor tertinggi tingkat kebahagiaan ternyata di dalamnya memuat indikator  seperti keseimbangan antara kerja dan kehidupan di luar kerja, kompensasi, peluang karier, budaya perusahaan, dan dukungan sumber daya  yang diperlukan dalam pekerjaan.

Membahagiakan cepat atau lambat akan terbayar (pay off) melalui kinerja yang lebih baik. Faktor peningkatan kebahagiaan tentu saja berujung pada kenaikan laba.  Di samping itu,  produktivitas bukan menjadi satu-satunya tolak ukur. Ketika robot menggantikan tugas kerja manusia maka produktivitas seakan dianggap “usang”.

Kita bisa melihat sudut pandang lain seperti passion, kreativitas dan kolaborasi misalnya. Dan membahagiakan dibangun dari hal-hal sederhana misalnya: sesi coaching, ngobrol saat makan siang bersama, menjalankan kegiatan sosial bersama, dan penghargaan atas ide-ide kreatif yang dapat dijalankan.

Baca juga

Karena  cara-cara kebahagiaan karyawan ternyata bukanlah menjadi beban (expenses). Para pemimpin bisa menjaga pola metode dialog dengan para karyawannya. Selain tingkat keluar-masuk karyawan menjadi sangat rendah maka pengembangan SDM tidak sia-sia, perusahaan juga tidak sekadar memiliki SDM tetapi “modal manusia” yang bermental all out.

Kunci utamanya yakni dengan membangun budaya coaching yang mantap. Telah terbukti banyak perusahaan yang karyawannya mengalami peningkatan prestasi atau memiliki kinerja yang malampaui harapan organisasi.

Vanaya LogoWe are a coaching firm, the only one that integrate coaching with business, entrepreneurship, wealth, and leadership.  Vanaya Coaching Institute develop research-based coaching innovation that empower corporation, business owners, organization leaders, and personal investors with Ericksonian Coaching approach.www.vanaya.co.id