Coaching dan Kesadaran Diri 

46 copy

Vanaya.co.id.Pernah selfie? Sebagian besar pasti pernah. Sebuah survei menunjukan seseorang menghabiskan selfie tak kurang dari 5 jam 36 menit setiap minggunya. Selfie secara tidak sadar adalah bagian dari menilai diri sendiri untuk terlihat lebih baik.

Jika kita memfokuskan sejenak perhatian kepada diri sendiri maka kita sedang mengevaluasi perilaku kita menurut standar nilai-nilai internal yang kita yakini. Kesadaran seseorang terhadap dirinya disebut sebagai self-awareness (kesadaran diri).

Adalah Shelley Duval dan Robert Wicklund yang pertama memperkenalkan konsep kesadaran diri. Keduanya menganggap kesadaran diri sebagai mekanisme utama pengendalian diri. Kesadaran diri memantulkan feedback yang berasal dari dirinya.

Salah satu metode untuk membangun kesadaran diri adalah dengan coaching. Coaching  memakai pertanyaan guna memperoleh jawaban diri. Coaching bisa menggali pemikiran, membuka makna diri tentang apa yang menjadi keinginan, dan membangun landasan dan motivasi dari dalam diri.

Begitu penting membangun self-awareness sebelum kita membangun kesadaran kolektif. Ken Blanchard, penulis manajemen klasik The One Minute Manager  mengingatkan : “perjalanan awal kepemimpinan adalah melihat diri sendiri. “Bercermin” atau “selfie” dahulu.

Tentu saja jika selfie hanya berfokus pada penampilan luar dan penilaiannya tergantung selera pasar. Contohnya, baru-baru ini tren kocak dan menggemaskan foto duck face-pun dengan cepat tergantikan oleh tren fish gape. Maka pendekatan self-awareness lewat coaching berfokus pada panampilan dalam diri yang mendasar.

Baca juga

Apakah kita terbuka? Apakah kita mau mendengar? Apakah kita kerap menghakimi ? Apakah kita menghargai ? Dan lain-lain. Setelah menemukannya, kita bisa melangkah menghadapi tantangan satu demi satu. Mulai dari tantangan di tim kerja skala kecil sampai pada organisasi yang lebih besar.

Kesadaran diri  sangat menentukan sikap proaktif, produktif, sekaligus mendorong organisasi yang kita pimpin kian bergerak maju.

Vanaya LogoWe are a coaching firm, the only one that integrate coaching with business, entrepreneurship, wealth, and leadership.  Vanaya Coaching Institute develop research-based coaching innovation that empower corporation, business owners, organization leaders, and personal investors with Ericksonian Coaching approach.www.vanaya.co.id