Leadership: Komponen Penting Transformasi Digital

70a copy

Transformasi digital yang berhasil – baik di dalam maupun di luar organisasi – dimulai dengan “kepemimpinan digital”. Lalu bagaimana mengembangkan kemampuan kepemimpinan di dunia digital?

Bahwa ledakan digital, yang diprediksi sejak akhir 1970-an sudah terjadi. Ledakan digital mengubah lanskap bisnis di semua sektor. Dengan meningkatnya volatilitas, ketidakpastian, perubahan dan ambiguitas yang disebabkan oleh revolusi ini.

Data menunjukkan bahwa secara global, para pemimpin belum siap. Studi Oxford memaparkan hanya 16% perusahaan yang telah berhasil memperbarui keterampilan kepemimpinan dan proses organisasi dalam menghadapi era ini.
Seorang pemimpin harus bisa memvisualisasikan dan mendorong perubahan.

Teknologi telah mengubah perspektif konsumen secara radikal. Mereka berubah sebelum organisasi dan sekarang mendorong bisnis untuk mencerminkan perubahan zaman.

Untuk mengatasi hal ini, para pemimpin perlu melibatkan pengembangan ketrampilan dan prinsip digital yang dipadu dengan praktik kepemimpinan.

Oleh karena itu, kepemimpinan merupakan komponen inti dari transformasi digital. Jelas agar organisasi dapat melakukan lebih dari sekedar menghadapi gelombang kemajuan teknologi.

Baca juga 

Pemimpin yang mentransformasikan perusahaan bukan dengan hanya menghasilkan strategi yang berani tetapi juga dengan melibatkan orang-orang dalam kerja keras transformasi. Pemimpin yang bertransformasi secara digital lebih “mengganggu” dan inovatif dibanding eksekutif lainnya.

Para pemimpin yang bertransformasi lebih berani dan lebih tekun dalam menerjemahkan gagasan ke dalam tindakan. Kepemimpinan digital adalah bagaimana atau mengerahkan energi organisasi yang lebih luas dalam menghadapi tantangan digital.

Para pemimpin yang bertransformasi secara digital memanfaatkan keterampilan interpersonal mereka untuk secara produktif dan lebih mencapai tujuan bersama  organisasi.

 

Vanaya LogoWe are a coaching firm, the only one that integrate coaching with business, entrepreneurship, wealth, and leadership.  Vanaya Coaching Institute develop research-based coaching innovation that empower corporation, business owners, organization leaders, and personal investors with Ericksonian Coaching approach.www.vanaya.co.id