Membangun Tim yang Efektif

45 copy

Vanaya.co.id. Tak bisa dipungkiri bila keberadaan tim  memang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. Bahkan maju tm aknya sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh tim yang ada di dalamnya. Semakin solid tim yang mendukung sebuah bisnis, maka akan semakin besar pula peluang sukses yang dimiliki bisnis tersebut.

Ciri-ciri tim yang efektif adalah:

  1. Tujuan yang sama. Jika semua anggota tim mendayung ke arah yang sama, pasti kapal yang didayung akan lebih cepat sampai ke tempat tujuan, dari pada jika ada anggota tim yang mendayung ke arah yang berbeda, berlawanan, ataupun tidak mendayung sama sekali karena bingung ke arah mana harus mendayung.
  2. Antusiasme yang tinggi.Pendayung akan mendayung lebih cepat jika mereka memiliki antusiasme yang tinggi. Antusiasme tinggi bisa dibangkitkan jika kondisi kerja juga menyenangkan: anggota tim tidak merasa takut menyatakan pendapat, mereka juga diberi kesempatan untuk menunjukkan keahlian mereka dengan menjadi diri sendiri, sehingga kontribusi yang mereka berikan juga bisa optimal
  3. Ada peran dan tanggung jawab. Intinya, setiap anggota tim harus mempunyai peran dan tanggung jawab masing-masing yang jelas. Tujuannya adalah agar mereka tahu kontribusi apa yang bisa mereka berikan untuk menunjang tercapainya tujuan bersama yang telah ditentukan sebelumnya.
  4. Komunikasi yang efektif. Dalam proses meraih tujuan, harus ada komunikasi yang efektif antar-anggota tim.

Lalu bagaimana cara untuk meningkatkan soliditas tim atau membangun tim yang efektif? Mengacu data Internasional Coaching Federation (ICF) coaching meningkatkan performa kerja hingga 70%, meningkatkan manajemen bisnis 61%, meningkatkan manajamen waktu 57% dan meningkatkan efektivitas tim hingga 51%.

Tim adalah kekuatan yang mendorong sebagian besar organisasi, apakah itu tim fungsional, tim manajer, atau tim proyek. Penting bahwa setiap orang dalam tim Anda adalah individu yang memiliki keunggulan yang berbeda satu dengan yang lain. Oleh karena itu dibutuhkan pendekatan coaching dalam mencapai soliditas tim.

Tujuan coaching dalam tim adalah :

  • Memaksimalkan potensi dan meningkatkan talenta, bakat, juga kemampuan dari setiap individu di sebuah organisasi perusahaan. Setiap orang memiliki tingkat yang berbeda dari kesiapan untuk mengambil langkah yang diperlukan untuk perubahan.
  • Coaching mampu menguatkan visi, misi dan strategi sebuah organisasi. Semua anggota organisasi harus mengetahui visi dan misi serta sepakat dengan strategi yang akan dijalankan. Coaching adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa visi dan misi menjadi milik bersama adalah melibatkan tim dalam proses perumusannya.
  • Regenerasi kepemimpinan. Coaching adalah cara yang sangat hebat yang dapat digunakan untuk regenerasi pemimpin dalam perusahaan

Baca juga

Karena coaching adalah keterampilan,  maka seorang leader perlu mengikuti pelatihan  khusus tentang coaching. Kita tidak bisa hanya membaca buku  tentang coaching lalu langsung praktek mengcoaching timnya. Terlebih terdapat kompetensi yang harus dimiliki seorang coach memiliki pakem yang ditentukan oleh Internasional Coaching Federation (ICF).

Pada dasarnya, pemimpin perlu membagi fokus pada hal-hal yang jauh di luar dirinya, termasuk kondisi anak buahnya, karena inilah yang pada akhirnya merupakan kekuatan organisasi.  Dengan memiliki kemampuan coach,  leaders siap untuk meng-engage pikiran dan hati anak buah. Pada saat itulah dia perlu mempraktekkan kemampuan komunikasi tingkat tinggi, jago mendengar, bersabar, menunggu, dan merancang tugas-tugas progresif timnya dan biasa menjadi pemenang.

Vanaya LogoWe are a coaching firm, the only one that integrate coaching with business, entrepreneurship, wealth, and leadership.  Vanaya Coaching Institute develop research-based coaching innovation that empower corporation, business owners, organization leaders, and personal investors with Ericksonian Coaching approach.www.vanaya.co.id