Mendisrupsi Diri di Era Disruptif

53 copy

Vanaya.co.id. Pengertian disrupsi sudah sangat umum digunakan di era digital. Disrupsi sebenarnya adalah bentuk interupsi yang menggoncangkan status quo. Ini dapat terjadi di berbagai level, termasuk diri sendiri. Kebanyakan kasus adalah kita kerap menghindari disrupsi. Ada kecenderungan untuk berdiam diri di dalam comfort zone atau zona nyaman. Padahal ini justru berbahaya. Secara perlahan akan membuat kita tertinggal.

Langkah mendisrupsi diri sendiri adalah salah satu cara paling jitu untuk meningkatkan kualitas diri, baik kualitas intelektual, finansial, maupun skill. Apa saja bentuknya? Bisa macam-macam, lakukan langkah-langkah berani seperti mempelajari sesuatu yang baru, memulai bisnis baru, memulai produk baru, mempelopori jenis servis baru, dan lain-lain.

Tentu saja dalam mendisrupsi diri kita perlu memperhatikan competitive advantage, competitive risk, dan market risk. Seorang filsuf bernama Henry David Thoreau pernah membandingkan diri kita dengan Christopher Columbus, “Jadilah Columbus. Maka jadikan diri sendiri sebagai dunia baru. Bukalah kanal-kanal pikiran baru di dalamnya.”

Apa saja input disrupsi tersebut? Diantaranya skill, talenta, dan berbagai pengalaman dalam mengola organisasi bisnis dan non-bisnis. Jadi, diperlukan kemampuan untuk mengenali langkah-langkah dan skill yang diperlukan. Setidaknya untuk dapat menjalankan proses disrupsi dengan mulus.

Baca juga

Lalu, apa saja yang diperlukan untuk mendisrupsi diri sendiri? Drive luar biasa dari dalam yang mendorong semangat menggoncang status quo diri sendiri. Mendisrupsi diri sendiri membutuhkan semangat eksekusi yang tidak kunjung padam. Bersiaplah untuk terus-menerus mengembangkan diri melalui aspek model bisnis, revenue, maupun fleksibelitas dalam mengikuti pasar dan kondisi.

 

Vanaya LogoWe are a coaching firm, the only one that integrate coaching with business, entrepreneurship, wealth, and leadership.  Vanaya Coaching Institute develop research-based coaching innovation that empower corporation, business owners, organization leaders, and personal investors with Ericksonian Coaching approach.www.vanaya.co.id