Mengapa Sikap Bersyukur dari Pemimpin Sangat Diharapkan?

50 copy

Vanaya.co.id. Profesor psikologi dari University of California, Davis, Amerika Serikat, Robert Emmons, menemukan manfaat gratitude atau kebersyukuran (akar kata gratia-latin- yang berarti kelembutan hati atau berterima kasih). Emmons memang sangat perhatian terhadap penelitian bidang gratitude research.

Temuan Emmons menyebutkan, orang- orang yang bersyukur lebih sedikit mengeluhkan gejala penyakit, dan  merasa secara keseluruhan hidupnya lebih baik. Disamping itu, keluarga dan rekan mereka melaporkan bahwa kalangan yang bersyukur tersebut tampak lebih bahagia, dan lebih menyenangkan ketika bergaul.

Emmons menuangkan hasil-hasil temuan  ilmiahnya itu dalam buku terkenalnya “Thanks! How the New Science of
Gratitude Can Make You Happier”. Gratitude selama ini dipandang  hubungan individu dengan Tuhan.  Tidak hanya itu  dalam organisiasi, gratitude sangat berpengaruh.

Penekanan sikap gratitude juga berkembang pada konsep-konsep kepemimpinan berbasis spiritual yang sudah teruji dampaknya. Kebersyukuran adalah pengakuan seseorang tentang adanya pihak lain atau sumber lain yang turut andil atas nikmat yang diterima.
Kebersyukuran mendorong orang untuk memberikan pujian atau ucapan terimakasih pada pihak yang berbuat baik.

Kombinasi kepemimpinan dan rasa syukur sangat kuat. Kebersyukuran membantu kita merasa lebih baik dan melihat  hal-hal baik dalam hidup. Anda juga akan dapat memberi jangkar perasaan positif ke dalam otak dan tubuh kta. Sikap ini akan memanggil cadangan emosional positif kapan pun Anda mau.

Rasa syukur seharusnya menjadi ciri khas gaya kepemimpinan yang berurat berakar. Berikut cara pemimpin dapat menunjukkan kepada karyawan mereka bahwa mereka benar-benar berterima kasih atas kontribusi mereka.

Katakan terima kasih- Sebagian besar dari kita diajari yang ini oleh ibu kita, tapi masih sering dilupakan. “Terimakasih” dapat disampaikan dengan berbagai cara, entah itu pribadi, melalui email, melalui telepon atau bahkan pesan suara.

Tulis catatan- Catatan tulisan tangan, apakah itu ada di catatan atau kartu. Catatan tersebut menunjukkan pemikiran dan tindakan
yang Anda lakukan untuk mengungkapkan rasa terima kasih atas kontribusi karyawan Anda.

Jadilah spesifik-Terima kasih baik. Terima kasih atas sesuatu yang spesifik dan signifikan bahkan lebih baik lagi. Alih-alih hanya memberi tahu anggota tim bahwa mereka melakukan pekerjaan yang hebat dengan pelanggan, lebih spesifik. Katakan kepada karyawan Anda, “Karena Anda bergabung dengan tim kami, kami belum memiliki satu keluhan dari perusahaan. Anda luar biasa, dan saya bersyukur bahwa Anda adalah bagian dari tim ini! ”

Libatkan anggota tim-Ketika anggota tim terlibat dalam proses pengambilan keputusan proyek, mereka tahu bahwa gagasan dan opini yang mereka sumbawa dihargai dan dihargai.

Memberikan kesempatan belajar dan berkembang. Sebuah studi tahun 2012 yang dilakukan oleh American Psychological Association dengan lebih dari 1.700 karyawan menunjukkan bahwa 70% karyawan merasa dihargai saat mereka memiliki peluang untuk pertumbuhan dan perkembangan.

Buat daftar ucapan syukur-Setiap hari, atau setidaknya seminggu sekali, buatlah daftar hal-hal yang disumbangkan orang lain yang sangat Anda syukuri. Lakukan ini untuk orang-orang baik dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.

Baca juga

Gratitude adalah bagian dari inner-core seorang pemimpin. Didalam inner core terdapat karakter, nilai-nilai, keyakinan, emosi dan konsep diri. Kebersyukuran salah satu bagian  dalam kualitas kepemimpinan yang lebih efektif dan berdampak tinggi.

Pada sebuah sesi dalam program The Art and Science of Coaching (TASC)-accelerated learning untuk mastery di bidang coaching-Vanaya Coaching Institute. Anda akan diajak untuk membangun sikap ini. Karena dengan sikap ini pemimpin bisa menyimpan cadangan energi positif yang besar yang bisa dipakai dalam menghadapi berbagai tantangan.

Vanaya LogoWe are a coaching firm, the only one that integrate coaching with business, entrepreneurship, wealth, and leadership.  Vanaya Coaching Institute develop research-based coaching innovation that empower corporation, business owners, organization leaders, and personal investors with Ericksonian Coaching approach.www.vanaya.co.id