Pemimpin-Pemimpin Positif

37 copy

Vanaya.co.id.. Menjadi seorang pemimpin tentu penuh dengan tantangan. Di satu sisi adanya tuntutan  untuk menginspirasi tim, sedangkan  di sisi yang lain perlu mendorong anggota tim bergerak dengan cepat guna mencapai tujuan. Dalam dunia organisasi terutama bisnis, pemimpin mengarahkan tim mencapai gol yang ditetapkan.

Lalu apa yang dibutuhkan agar seimbang?  Yang terutama yaitu komitmen dalam menciptakan kultur bisnis dan organisasi yang positif.  Kepemimpinan positif bisa menentukan kualitas tim dan hasil dari kepemimpinan yang terarah. Berdasarkan penelitian ketika otak diprogram menjadi positif, maka produktivitas bisa meningkat hingga 30 persen.

Bahkan bisa meningkatkan penjualan 37 persen jika kepemimpinan positif diterapkan di departemen pemasaran. Kepemimpinan positif  mengacu pada sikap-sikap positif seperti : prasangka positif, penghargaan, dan keyakinan akan pencapaian target. Secara sederhana pemimpin positif adalah perbuatan yang memberikan dampak positif.

Salah satu metode  guna mencapai kepemimpinan positf adalah  kita bisa memakai teknik coaching. Coaching pada prinsipnya adalah  tentang positiveness. Pemimpin yang positif adalah pemimpin yang memiliki kemampuan  mendengarkan, memahami, sehingga bisa melontarkan pertanyaan-pertanyaan cerdas dan jitu.

Coaching juga menyeimbangkan, sehingga pemimpin akan lebih mindfulness. Sebelumnya telah kita ulas bahwa mindfulness adalah kesadaran diri. Coaching adalah sebuah tools yang dipakai untuk pencapaian, target, perubahan, perbaikan, peningkatan kinerja sumber daya manusia dalam berbagai  organisasi untuk tujuan yang diinginkan atau terhadap tantangan, rintangan yang  dihadapi.

Baca juga

Coaching bisa membawa perubahan perilaku tetap yang menguntungkan. Terlebih disaat suasana zaman now terlihat masih belum banyak berubah. Berbagai pekerjaan rumah tentang VUCA, yakni era yang penuh dengan volatility, uncertainty, complexity, dan ambiguity sepertinya belum tuntas dan masih akan terus kita hadapi.

Sebagai pemimpin perlu usaha kita untuk memilah tantangan dan menyelesaikannya dalam ukuran- ukuran tertentu secara bertahap. Pemilahan ini mememungkinkan pikiran kita lebih ringan dan memberikan kesempatan untuk membangun suasana positif yang berdampak bagi organisasi.

Vanaya LogoWe are a coaching firm, the only one that integrate coaching with business, entrepreneurship, wealth, and leadership.  Vanaya Coaching Institute develop research-based coaching innovation that empower corporation, business owners, organization leaders, and personal investors with Ericksonian Coaching approach.www.vanaya.co.id