Frequently Asked Questions

Apakah yang dimaksud dengan Coaching?

Coaching adalah sebuah metodologi untuk dapat mentransformasi Anda dan organisasi Anda mencapai tujuan secepat yang Anda inginkan. Metode yang dilakukan adalah dengan percakapan yang betul-betul inspiring, yang membuka awareness, dan memunculkan “aha” moment yang mampu menggali potensi diri Anda serta resources yang Anda miliki dan belum pernah terbayang sebelum Anda mengikuti Coaching.

Apakah yang membedakan Coaching dengan training?

Training adalah transfer knowledge atau know-how. Training bertujuan membuat orang dari yang tidak tahu menjadi tahu. Misalkan Anda mengikuti training menyetir, dari Anda yang tidak bisa menyetir, setelah mengikuti kursus menyetir, Anda jadi bisa menyetir. Itu adalah Training.

Tapi ketika Anda sudah bisa menyetir dan Anda tahu cara menyetir, Apakah Anda mengetahui bagaimana bisa mencapai tujuan dengan cepat tanpa mengalami kecelakaan? Bagaimana Anda bisa menyetir sambil menyelesaikan tugas-tugas yang lain, tanpa membahayakan diri? Semua jawaban ada dalam diri Anda dan semua jawaban akan keluar ketika Anda sedang di Coaching. Itulah Coaching percakapan yang sangat inspiring dan powerfull.

Mengapa seorang business owner membutuhkan Business Coach?
  • Business owner adalah seorang yang memiliki jabatan dan hak penuh atas bisnisnya. Dia tidak mungkin meminta saran kepada siapapun, dia adalah orang yang paling sendirian, oleh karenanya dia butuh seorang sparing partner untuk membuat dia mampu berbisnis dengan jauh lebih optimal.
  • Tahukah Anda bahwa semua orang sukses punya Coach. Bahkan, Raja Inggris saja mempunyai Coach untuk speaker, untuk berbicara. Atlet olahraga hebat juga memiliki pelatih atau Coach, penyanyi yang sangat terkenal juga memiliki Coach. Walaupun Coach nya sendiri mungkin tidak lebih jago nyanyi dari penyanyinya atau tidak lebih jago mencetak gol dalam pertandingan bola dari pada pemain bolanya sendiri. Tapi Coach itu sangat kuat di metodologi, cara melatihnya supaya seseorang benar-benar menjadi hebat. Dan itulah salah satu tugas Coach, membuat klien nya pintar.
  • Jika Anda memiliki seorang business Coach, maka bisnis Anda menjadi lebih terarah dan Anda mampu meminimalisasi resiko usaha. Jika Anda berjalan sendiri tanpa Coach, riset membuktikan bahwa 50% dari bisnis yang tumbuh akan mati di 5 tahun pertama, dan sebagian besar mati di 2 tahun pertama. Hanya 50% yang berhasil melewati tahap 5 tahun kedua, dan hanya 50% lagi yang mampu melewati 10 tahun kedua. Artinya, jika menjalankan usaha tanpa Coach, Anda akan banyak melakukan trial & error, akan banyak melakukan salah atau coba-coba.
Mengapa seorang Investor membutuhkan Wealth Coach?
  • Seorang Investor perorangan sebagian besar adalah orang yang masih awam investasi, sehingga mereka butuh pendamping supaya terhindar dari resiko trial and eror, seperti kerugian akibat terjebak investasi bodong.
  • Jika Anda seorang investor perorangan, belum tentu Anda sudah sangat ahli dalam bermain investasi. Wealth Coach Vanaya adalah seorang pelaku yang sudah sangat berpengalaman dan sudah sampai pada tahap passive income. Tidak hanya itu wealth Coach vanaya sudah tersertifikasi secara internasional, seperti Qualified Wealth Planner (QWP™) dan Certified Financial Planner (CFP®). Jadi jika Anda didampingi oleh wealth Coach kami, kinerja investasi Anda akan jauh lebih optimal. Sebagai ilustrasi, jika Anda mengelola investasi Anda sendiri mungkin dari 1 bisa jadi 2, tapi jika Anda didampingi oleh Wealth Coach kami, investasi Anda dari 1 bisa menjadi 5 karena mereka keprofesionalan dan pengalaman Wealth Coach Vanaya yang sudah mengalami asam garam dunia para investor.
  • Sekalipun Anda seorang yang investor yang ahli tapi suatu saat Anda akan menemukan tantangan dan hambatan. Anda butuh seseorang yang netral yang bisa mendampingi Anda melihat kondisi Anda. Karena uang yang Anda gunakan untuk investasi adalah uang Anda, maka Anda akan terlibat emosi jika terjadi apa-apa dengan uang Anda, disinilah dibutuhkan peran seorang coach yang bersifat netral yang mampu melihat keadaan Anda dari berbagai macam sudut pandang.
Mengapa Seorang Leader membutuhkan Wealth Coach?
  • Leader itu bisa executive, professional, manager dan organisasi. Dengan Coach yang dari eksternal Anda bisa lebih netral. Mungkin ketika atasan Anda menjadi Coach Anda tentu Anda akan merasa takut, sungkan, dan sedikit tidak terbuka. Oleh karenanya sangat kami anjurkan untuk memiliki Coach professional yang mampu bersikap netral terhadap setiap tantangan Anda.
  • Sebagai leader professional mungkin Anda tidak pernah mengetahui potensi terbesar diri Anda sesungguhnya terletak dimana? Semua itu bisa digali, supaya benar-benar optimal, karirnya, pencapaian kinerjanya.
  • Jika Anda tidak menggunakan Coach, Anda tidak memiliki tundem atau pasangan untuk bertukar fikiran. Orang membutuhkan untuk keluar dari rutinitas sehari-hari. Jika Anda tidak keluar dari rutinitas maka Anda akan bosan dan jenuh. Oleh karenanya investasi waktu hanya beberapa menit tentu akan sangat membantu Anda, karena bisa jadi Anda terlalu ada dalam masalah. Makanya Anda tidak bisa keluar dari masalah. Dengan investasi waktu 60 menit misalnya tapi Anda bisa membuat diri Anda back ontrack, bisa menyegarkan kembali ide dan fikiran Anda, dan bisa menyelesaikan semua permasalahan Anda.
Dalam hal apa Coaching dibutuhkan?
  • Coaching dibutuhkan ketika Anda ingin melesatkan atau melejitkan bisnis ataupun akselerasi aset Anda Atau supaya karir Anda melejit, supaya sales Anda naik, performance tim Anda dahsyat. Intinya Ketika Anda ingin melejitkan sesuatu maka Anda harus melakukan sesuatu yang tidak biasa supaya menghasilkan sesuatu yang tidak biasa juga. Disitulah peran Coach menjadi sangat penting.
  • Ketika Anda ingin mengambil keputusan terhadap sesuatu hal yang sangat besar impact- Supaya perusahaan Anda tidak mengalami trial and eror, Anda perlu di Coaching. Terutama ketika Anda dalam masa peralihan yang mengakibatkan resiko yang sangat besar.
  • Coaching dibutuhkan dalam bisnis dan dalam investasi pada semua titik, pada semua aspek transformas Jadi pada dasarnya Coaching itu mentransformasi diri para entrepreneur, investor, maupun business Leaders. Jika diri Anda bertransformasi, maka secara otomatis strategi, aksi, perilaku, suasana kerja dan tim yang sedang Anda bangun pasti akan menjadi lebih baik.
Bagaimana saya yakin Coaching akan efektif bagi bisnis saya?

Silahkan Anda berkunjung ke kantor kami, temui Customer Relation Manager kami dan nikmati fasilitas 1 jam diagnostic Coaching, agar Anda dapat merasakan layanan Coaching kami, karena Coaching itu  bukan untuk diceritakan tapi untuk dirasakan.

Mengapa Vanaya, apa yang membedakan dengan yang lain?

Ada 4 alasan utama mengapa Vanaya merupakan mitra yang tepat bagi pengembangan kualitas sumberdaya manusia, serta kemajuan bisnis dan investasi Anda :

1. IMPACTFUL RESULT: Deep Elightment & Transformation

Proses Coaching Vanaya berbeda dengan pendekatan Coaching yang lain. Kami menggali dan mengupas potensi, kekuatan, impian, dan fokus client secara lebih dalam, sehingga dampak yang dihasilkan jauh lebih signifikan. Perubahan yang terjadi adalah transformasi dan pencerahan yang mendalam dan bersifat inside-out. Artinya, Vanaya berfokus pada pencerahan mindset, penggalian potensi tanpa batas, dan perubahan habit pada diri individu mendorong akselerasi dan transformasi kinerja pada produktivitas dan pencapaian target pada bisnis dan investasi.

2. POWERFUL METHOD:

a. Indonesian Core Source of Solution-Focused Coaching

Vanaya Insitute berperan sebagai Erickson Indonesia, yakni mitra regional dari Erickson Coaching International yang merupakan pusat sertifikasi Coaching terbesar di dunia. Ericksonian Solution-Focused Coaching merupakan metode deep transformational Coaching yang telah teruji lebih dari 20 tahun di 45 negara, dengan didasari prinsip-prinsip Ericksonian yang mengedepankan kekuatan hati, netralitas, dan ketulusan dalam melakukan Coaching. Semakin banyak Coach papan atas Indonesia yang merupakan alumni dan praktisi solution-focused Coaching di Indonesia, sementara Vanaya Institute adalah pusat referensi dan kompetensi dari Ericksonian Solution-Focused Coaching di Indonesia.

b. Research-Based Innovation in Coaching

Vanaya Institute senantiasa terdepan di Indonesia dalam melakukan riset di bidang Coaching dan aplikasi Coaching dalam bidang bisnis, investasi, dan kepemimpinan. Setiap tahun Vanaya Institute menelurkan beragam inovasi dalam bentuk platform, perangkat metodologi, dan insight baru yang didasarkan pada riset yang berkesinambungan, mendalam, dan berangkat dari karakteristik lokal asli Indonesia.

3. HANDS ON COACHES: Prominent Industry Practitioners

Kami percaya bahwa setiap orang unik, dan setiap client memiliki kebutuhan yang spesifik. Karena itu, meskipun Coach bukan konsultan yang memberikan saran dan jasa konsultansi, namun kami percaya bahwa latar belakang dan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan client membuat proses Coaching bisa berjalan dengan lebih efektif.

Para Coach Vanaya adalah para praktisi di bidang bisnis dan investasi yang terdiri dari entrepreneur, investor, mantan direksi dan profesional papan atas, serta profesional spesialis. Bersama Vanaya Anda akan didampingi bukan hanya oleh satu orang Coach, tapi oleh sebuah tim Coach yang meliputi berbagai spesialisasi sesuai kebutuhan Anda dalam mencapai tujuan bisnis, performa perusahaan, kepemimpinan, dan pengelolaan kekayaan.

4. SINCERE SOUL

Coaching bagi Vanaya adalah sebuah misi, passion, dan identitas, baik secara pribadi maupun organisasi. Oleh karena itu setiap proses Coaching oleh Vanaya Institute dilakukan dengan penuh ketulusan dari hati, fokus mengembangkan client mencapai kemajuan yang diinginkan, dan dilAndasi dengan semangat kemitraan (partnership) yang sejajar dan saling menguatkan.

Bagaimana cara mengikuti program Coaching di Vanaya?
  • Anda bisa mengunjungi website kami di vanaya.co.id dan daftarkan diri Anda pada kolom yang sudah disediakan
  • Anda juga bisa berkunjung langsung ke kantor kami di Grha Vanaya Jl Raya Ragunan Kav. P-1A
  • Anda bisa mengundang Coach-Coach kami langsung untuk hadir di Perusahaan atau Rumah Anda
  • Atau Anda bisa menghubungi kantor kami di 780 3137 ext. 102 dan Hotline kami di 0811 8282 111 dan 0811 95 76 79 untuk mencari informasi tentang program-program kami
Apakah Coaching tepat bagi saya yang tidak memiliki waktu luang?

Coaching sangat tepat untuk siapa saja, baik Anda yang memiliki banyak waktu luang hingga yang tidak memiliki waktu luang sekalipun, karena Coaching bisa di lakukan di mana saja, kapan saja dan dengan cara apa saja. Coaching akan menghasilkan jika Anda benar-benar memiliki komitmen untuk mewujudkan goal Anda. Karena pada dasarnya, semua kembali pada diri Anda sendiri, seberapa besar komitmen Anda untuk maju. Jika Anda memang berniat untuk maju, maka Anda harus menyediakan waktu walaupun hanya 30 menit, namun semua permasalahan Anda bisa terselesaikan.

Di vanaya sendiri jadwal Coaching sangat flexible dan bisa diatur baik hari, waktu, dan lokasi sesuai dengan kesepakatan Anda dan Coach Anda. Coaching bisa dilakukan dengan tatap muka dan juga phone Coaching. Jadi tidak ada alasan untuk tidak bisa melakukan Coaching jika Anda sudah membuat komitmen.

Bagaimana saya bisa yakin bahwa saya akan mendapatkan hasil yang baik dengan Coaching?
  • Silahkan Anda masuk terlebih dahulu ke dalam diagnostic Coaching Vanaya Institute. Karena Coach kami tidak akan melakukan Coaching sebelum Anda mengikuti diagnostic Coaching terlebih dahulu. Diagnostic Coaching sangat diperlukan karena melalui proses tersebut Coach akan lebih mengenali bagaimana bisnis clientnya, dan Anda juga akan lebih tahu bagian mana dari bisnis Anda yang harus di-benahi dengan metode Coaching. Anda juga langsung bisa membuat tujuan dari proses Coaching yang akan Anda jalani, estimasi waktu, dan menemukan resource mana saja yang bisa saya kembangkan. Lewat diagnostic Coaching semua akan terlihat.
  • Ketika proses Coaching sudah berjalan, goal atau tujuan, sasaran dan metode sudah dirumuskan bersama atas kesepakatan antara Anda dengan Coach, maka Anda akan merasakan hasilnya. Semua perubahan Anda adalah hasil dari sebuah proses. Untuk memastikan hasilnya, semua tergantung dari komitmen Anda dalam proses Coaching yang Semakin ada komit dengan proses Coaching, semakin Anda komit mengerjakan funwork pasca Coaching, dan  komit dengan kehadiran di dalam Coaching, itu insya Allah akan berhasil.
Mengapa Coaching membutuhkan waktu yang cukup lama?

Coaching itu memang bukan training, bukan sekedar know-how. Yang dilakukan dalam Coaching adalah yang pertama, membangun awareness dan consciousness akan betapa luasnya potensi yang ada di diri kita dan betapa luasnya peluang yang ada di hadapan kita. Membangun awareness akan semua itu memang membutuhkan waktu. Yang kedua, Coaching itu sendiri adalah proses pendampingan, jadi bukan sekedar transfer knowledge. Yang dihasilkan setelah proses Coaching bukan hanya sekedar Anda menjadi lebih tahu, tapi Anda akan lebih yakin, lebih jelas arahnya, kemudian lebih tereksplorasi semua potensi yang ada, menjadi lebih ahli dalam bidang Anda, juga bisa mencapai impian yang jauh lebih tinggi disbanding sebelumnya, jadi bukan hanya sekedar training yang jangka pendek. Kemudian nantinya akan sampai pada tahap mengubah persepsi, perilaku, dan kebiasaan.

Bagaimana cara bergabung dengan program Coaching Vanaya?

Mudah sekali, tinggal hubungi kami langsung, atau kunjungi website kami di www.vanaya.co.id. Anda dapat mengatur waktu bertemu dengan Coach untuk melakukan diagnostic Coaching. Anda juga bisa mengikuti program-program kami yang tertera di agenda Vanaya.